Belajar Linux Untuk Pemula

Monday, 1 December 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Pembuka

Baiklah, hari ini saya akan menulis tentang pengalaman saya dalam belajar Linux untuk pemula tulisan ini saya buat untuk anda yang baru memakai Linux agar anda bisa beradaptasi dengan lingkungan di Linux.

Pembahasan

Kenapa Linux masih kalah sama Windows ?karena ada sekitar 80-95 % pengguna Linux adalah bekas pengguna Windows. Saya juga bekas pengguna Windows dan juga kebanyakan para pengguna Linux adalah perpindahan dari Windows ke Linux. Banyak sekali alasan kenapa mereka kenapa memakai Linux dan meninggalkan Windows.

Linux yang Sebenarnya

Tampilan Linux CLI (diambil dari malsasa.wordpress.com)
Linux yang sebenarnya full CLI tidak ada GUInya sama sekali jadi seharusnya anda memakai Linux yang seperti itu dan juga harus menghafal perintah-perintahnya. Namun beberapa distro populer macam Debian, Ubuntu, Fedora, openSUSE, dan Mint memasukkan tampilan ke dalam Linux sehingga Anda melihat Linux yang sekarang jadinya seperti ini:

Contoh Debian dengan Desktop KDE


Kenapa Memakai Linux

Ketika anda ingin menggunakan Linux yang pertama pastinya anda siap karena anda ingin masuk ke lingkungan baru yaitu menggunakan Linux dan sudah pasti anda memiliki sebuah alasan kenapa anda ingin menggunakan Linux. Berikut ini beberapa contoh alasan yang sudah saya rangkum dari beberapa alasan.
  1. Karena memakai Linux itu keren.
  2. Saya ingin merasakan sebuah kebebasan di dalam sistem operasi.
  3. Linux itu freedom. Jadi kita bisa leluasa untuk merubah tampilan Linux kita.
  4. Saya ingin belajar untuk memakai sebuah software yang legal bukan ilegal.
  5. Mengembangkan opensource untuk dunia pendidikan, agar dapat berinovasi.
  6. Untuk saat ini menurut penilaian saya Linux masih belum terinfeksi oleh virus.
  7. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan pastinya halal.
  8. Tampilan Linux yang cukup keren.
Belajar Linux Dasar

Ketika anda sudah memakai Linux maka yang harus anda lakukan saat ini adalah mepelajarinya dari dasar yaitu dengan memulai untuk belajar menggunakan terminal dan juga menghafal perintah-perintah yang ada di dalamnya untuk perintah dasar Linux tidak saya bahas di sini anda bisa membaca artikel saya mengenai Tutorial Shell Pada Terminal .

Masalah yang Sering di Hadapi Oleh Pemula Linux

1. Banyaknya Distro Linux yang Ada

Inilah Linux berbeda beda tetapi tetap satu tujuan yaitu menjadi sistem operasi nomor 1 di dunia tetapi ada efek negative nya yaitu dengan di ciptakan beberapa distro Linux sehingga membuat para pengguna bingung memulai memakai Linux yang mana? jujur saya dulu pertama kali kenal sama Linux saya kira Linux ya Linux saja tetapi saat itu saya berniat untuk mendowload os Linux hal yang saya lakukan pertama adalah bertanya kepada teman saya dengan pertanyaan "Berapa besar size Linux?" teman yang pertama menjawab sekitar 800 MB dan yang teman kedua menjawab 4GB. Jujur saat itu saya kebingungan kenapa perbedaannya cukup jauh dari masing-masing teman saya tersebut juga menyertakan sebuah Link untuk saya lihat sendiri dan ternyata benar yang pertama dengan os Ubuntu size 800 MB dan yang kedua dengan distro Backtrack size 4GB saran teman saya yang kedua ini mungkin agak melenceng ya padahal saya masih pemula di Linux malah menyarankan distro seperti Backtrack.

Ini menurut saya, seharusnya Linux itu hanya fokus terhadap distro tertentu saja ini juga untuk kemajuan Linux jadi tidak usah ada distro Linux lagi dan itu akan membingungkan para pemula Linux.

2. Berharap aplikasi yang ada di Windows bisa di jalankan di Linux

Ketika pertama memakai Linux yang ada di pikiran adalah apakah bisa menjalankan aplikasi Windows di Linux? bisa, Bagaimana caranya? pakai wine tapi terkadang ini tidak maksimal dan tidak sesuai dengan harapan kita. Disinilah kita belajar harus mencari aplikasi pengganti yang pernah kita gunakan di Windows untuk kita gunakan di Linux.

3. Ketidak Cocokan Hardware dengan Versi Kernel yang di Gunakan

Sudah tau kan kalau Linux itu tidak memakai driver melainkan memakai kernel? kalau belum tau anda bisa membaca trit ini Mengenal Kernel Pada Linux . Jika hardware anda tidak kompetible dengan kernel maka apa yang akan terjadi? tidak maksimal kerja hardware ketika menggunakan Linux jadi anda akan merasakan keanehan di dalam pc anda dan anda akan bertanya membandingkan "Kenapa kalau di Windows itu adem tapi kenapa di Linux cepat panas ya?" Anda harus mencari solusi tentang masalah itu, jadi menurut saya ketika anda sudah cocok dengan versi Linux yang anda gunakan saat ini maka janganlah untuk mencoba menggantinya dengan distro yang lain.

4. Error yang Terjadi

Ini dia pasti tidak asing lagi bagi anda, error yang terjadi di Linux anda semisal anda berniat untuk menginstall aplikasi di Linux anda ketika tidak bisa terinstall akan tampil pesan error bukan inilah yang di takutkan, saya juga takut kalau ada yang error tetapi dalam beberapa hari ini belakangan saya menemui masalah di Linux saya. Ini merupakan tantangan jadi saya tidak boleh lari dari itu saya mencoba bertanya sesama teman pengguna Linux memang panjang sih tapi akhirnya semua bisa terselesaikan dan pastinya ilmu kita akan bertambah lagi sehingga ketika ada pengguna Linux yang sedang mengalami kesulitan maka anda bisa membantunya. Jangan pernah takut dengan error kalau bisa carilah masalah di Linux karena itu akan membuat anda paham dan dengan berjalannya waktu anda sudah menguasai sistem operasi Linux.

Berikut ini Aplikasi yang Saya Gunakan di Linux Untuk Kegiatan Sehari-hari

Ini aplikasi yang saya gunakan di Linux sehari-hari ataupun buat mengerjakan tugas, browsing dengan begitu saya bisa untuk meninggalkan Windows walaupun masih belum sepenuhnya, semoga ini bisa membantu anda.

1. Kingsoft Office

Tampilan Kingsoft Office
Untuk masalah tentang office di sini saya memakai Kingsoft Office kenapa? karena Kingsoft Office mendukung document yang ada di Microsoft Word, tidak ada masalah yang saya temukan saat memakai Kingsoft Office untuk melakukan pekerjaan dari sekolah. Biasanya di Linux sudah menyediakan office yaitu Libre Office, tetapi saya lebih suka memakai Kingsoft Office. Untuk cara menginstall Kingsoft Office di Linux silahkan anda bisa membaca artikel saya mengenai Install Kingsoft Office di Debian/Ubuntu .

2. Leafpad

Tampilan Leafpad
Leafpad adalah editor teks open source untuk Linux, BSD dan Maemo. Dibuat dengan fokus menjadi editor teks ringan dengan sedikit dependensi, ia dirancang untuk menjadi sederhana dan mudah kompilasi. Ini merupakan teks editor di Linux, fungsi Leafpad sama dengan fungsi Notepad yang ada di Windows.

3. Audacious

Audacious adalah sebuah perangkat lunak Pemutar Media berlisensi bebas yang berfokus dengan penggunaan sumber daya komputer yang rendah, kualitas suara yang tinggi dan mendukung berbagai jenis format. Anda bisa memakai Audacious untuk memutar musik di Linux untuk cara Installnya cukup buka terminal lalu ketik "apt-get install audacious" tapi ada alternative lain dalam memutar musik di Linux yaitu menggunakan Mocp silahkan anda membaca artikel saya mengenai Install Moc di Debian/Ubuntu .

4. BleachBit

BleachBit membersihkan cache, menghapus cookies, menghapus internet history, membuang file temporary, menghapus logs, dan membereskan file sampah lainnya. BleachBit sama persis fungsinya seperti CCleaner yang ada di windows. Untuk menginstall BleachBit di Linux silahkan anda membaca artikel saya mengenai Cara Install BleachBit di Debian/Ubuntu .

5. FlareGet

FlareGet merupakan aplikasi downloader yang ada di Linux sama halnya dengan IDM. Untuk menginstall FlareGet silahkan anda membaca artikel saya mengenai Cara Install FlareGet di Debian/Ubuntu .

6. Gimp

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. Gimp merupakan aplikasi pengganti photoshop di Linux, silahkan anda membaca artikel saya mengenai Cara Install Gimp di Debian/Ubuntu .

7. Google Chrome

Untuk masalah browsing biasanya setiap distro sudah di lengkapi, tapi saya menggunakan Google Chrome untuk browsing di Linux saya, silahkan anda membaca artikel saya mengenai Cara Install Google Chrome di Debian/Ubuntu .

Tambahan dari saya anda bisa mendownload ebook tentang belajar linux anda bisa klik di sini .

Penutup

Meyesuakan diri itu sangatlah penting seperti pemain bola yang butuh adaptasi dengan lingkungan barunya agar saling kenal mengenal satu sama lain, begitu juga anda dengan Linux anda harus belajar untuk membiasakan diri di Linux ketika anda sudah membiasakan diri di Linux maka anda akan mengenal lebih jauh apa itu Linux. Untuk membiasakan diri mulailah dari yang kecil sedikit demi sedikit nanti anda akan terbiasa untuk Linux. Sekian artikel saya mengenai Belajar Linux saya minta maaf jika ada penulisan yang salah ataupun saya juga minta maaf atas Link yang di atas yang sudah saya masukkan di artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.





Subscribe your email address now to get the latest articles from us

13 comments:

  1. lanjutkan gan :D
    mampir juga di www.tampilanlinux.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir juga di https://senprogramer.blogspot.co.id

      Delete
    2. mampir juga di https://senprogramer.blogspot.co.id

      Delete
  2. Buat semua, semangat aja belajar linux nya... apalagi sekarang untuk belajar linux tidak sesulit dulu, saat ini sesuatunya serba mendukung; komputer spek bagus, koneksi internet cepat yg dengan mudah kita dapatkan, banyak website untuk tempat menggali ilmu linux, tentunya juga semakin merebaknya komunitas pengguna linux..
    so.. tidak ada alasan lagi untuk bilang belajar linux itu susah :)

    ReplyDelete
  3. Mantep. Mengguugah semangat. Siap mau coba linux

    ReplyDelete
  4. thanks gan infonya sangat menarik, mau tau banyak informasi terkini soal training redhat linux, training edb dan product easyHPC join dengan kami di https://www.facebook.com/itgroupindonesia

    ReplyDelete
  5. bagus banget, tp agak bingung cz gk ada titik komanya.. hehe

    ReplyDelete
  6. wah, saya masih belum paham, bisanya baru install doang, itupun mesti browsing dulu di internet, tapi menurut saya sih, memang bagus.

    ReplyDelete
  7. thx gan infonya,,,, saya dari dulu memang penasaran dg linux, tapi gg ada yg ngajarin... ada forum belajarnya kah? minta link nya donk,,
    terimakasih:)

    mampir di blog saya juga yaaa @ragilelectronica.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  8. kunjungi juga ya blog saya
    my blog : kompjar

    ReplyDelete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License