Mengecek System Hardware Lewat Terminal

Saturday 1 November 2014



Hai teman, selamat malam hari ini saya akan membuat artikel tentang cara mengecek system hardware kalian di Linux lewat Terminal. Okeh mengapa di perlukan pengecekan hardware anda, karena di takutkan system hardware kalian tidak cocok dengan kernel di Linux.

Ya, Linux tidak memakai driver tetapi Linux memakai sistem kernel. Hanya saja di khususkan untuk pengguna Vga nVidia atau Amd harus install driver dahulu di Linux. Okeh untuk pengguna Intel bagaimana ? saya juga pengguna Intel & sangat cocok dengan kernel kali linux 1.0.7.

Okeh, sangat penting untuk pengecekan system hardware kalian, agar kalian tau apakah cocok dengan kernel atau enggak, biasanya kalau tidak cocok itu Laptop jadi lebih jauh cepat panas saat menggunaka Linux (ini cuman mitos yang beredar akan kebenarannya saya sendiri tidak tahu).

Okeh sudah cukup basa-basinya sudah malam :
Saya dapat info ini dari forum IBT (Indonesia Backtrack Team).

1. Gunakan fungsi 'lspci' untuk pemerikasaan device & hardware lebih spesifik.
#~ lspci

2. Pemeriksaan VGA (Visual Graph Adapter).
#~ lspci | grep VGA

3. Pemeriksaan Ethernet
#~ lspci | grep Ethernet

4. Pemeriksaan Usb
#~ lspci | grep USB

5. Pemeriksaan Memory Ram
#~ lspci | grep RAM

6. Pemeriksaan Sistem Motherboard
#~ dmidecode -t baseboard

7.  Pemeriksaan Sistem Bios
#~ dmicode | head -15


Okeh sekian artikel singkat saya ini mengenai Mengecek System Hardware Lewat Terminal semoga bermanfaat dan Jangan lupa untuk kunjungi blog saya ini ya.

Terima kasih.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License