Konfigurasi Web Server Lokal di Linux Debian/Ubuntu

Saturday 22 November 2014

Bismillahirrahmanirrahim.


Haii selamat malam, besok sekolah libur jadi mending saya menulis sesuatu artikel yang bermanfaat untuk anda, saya akan menulis artikel tentang Konfigurasi Web Server Lokal di Linux dalam praktek ini saya menggunakan OS Kali Linux mari di simak.



Pembahasan

Localhost adalah sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer adalah server, dan server adalah komputer. Namun sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain.

Agar sebuah komputer bisa berfungsi sebagai web server, perlu diinstall sejumlah perangkat lunak (software) pendukung, misalnya Apache, MySql, dan Php. Apache, merupakan aplikasi web server (HTTP Server).

Untuk menginstall dan menggunakan masing-masing  software pendukung web server di atas kalian memerlukan sebuah aplikasi yang bernama XAMPP tenang saya sudah membuat tutorialnya Cara Install Xampp di Linux .



Tutorial



Step 1 : Buka terminal lalu ketikkan 
/opt/lampp/lampp start {enter} atau juga bisa untuk tampilan Gui dengan ketik cd /opt/lampp > ./manager-linux.run

(Mode Cli)

(lMode Gui)

Step 2 : Nah setelah sudah berjalan Xamppnya silahkan anda menuju ke folder filesystem/opt/lampp/htdocs setelah masuk coba bikin folder baru untuk database file kita saya membuat folder iyung dan isinya adalah tugas sekolah saya.




Step 3 : Okeh setelah selesai coba buka browser di sini saya contohkan localhost/iyung maka tampilannya akan seperti ini


Okeh sekarang kita sudah bisa mengakses web server kita sendiri, sekarang bagaimana caranya agar orang lain juga bisa mengakses web server kita ? Dengan cara memberikan alamat IP kita tetapi ini hanya bisa untuk satu jaringan saja atau misal orang itu sejaringan wifi atau lan sama kita karena ip kita bukan ip public.

Step 4 : Buka terminal lalu ketikkan 
ifconfig {enter, fungsinya untuk melihat alamat ip kita}


Link encap:Point-to-Point Protocol  


inet addr:10.217.224.254  P-t-P:10.20.31.9  Mask:255.255.255.255
UP POINTOPOINT RUNNING NOARP MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
RX packets:15549 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:15708 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:3 
RX bytes:10365907 (9.8 MiB)  TX bytes:3854087 (3.6 MiB)

ini merupakan alamat ip adress saya : inet addr:10.217.224.254

Step 5 : Setelah sudah mendapatkan alamat ip kita, silahkan buka browser lagi lalu ketikkan 10.217.224.254/iyung maka akan menampilkan sebagai berikut.


Okeh sudah bisa kan, sekarang coba pinjem laptop temen yang sejaringan wifi atau lan sama anda lalu buka browser di laptop teman anda lalu ketikan sebagai contoh 10.217.224.254/iyung dan jika berhasil maka akan masuk ke web server anda untuk bisa di akses melalui public saya masih belum belajar hehehehhe nanti kalau sudah bisa akan saya dokumentasikan di blog ini.

Penutup

Sekarang anda sudah mengerti tentang web server lokal anda sendiri, sekian artikel dari saya tentang Konfigurasi Web Server Lokal di Linux jika ada kesalahan atau apalha silahkan laporkan untuk kemajuan blog ini semoga bermanfaat.

Terima kasih.









Subscribe your email address now to get the latest articles from us

8 comments:

  1. super sekali kang, kalo berkenan kunjungi blog saya ya........... :D slamet-mugiono.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kalau ip nya kita ubah jadi nama bisa gak,
    contoh: 10.217.224.254/iyung diubah menjadi websaya.com/iyung atau wwebsaya/iyung.

    klo bisa mohon langkah2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan baru bales, bisa gan seperti ini kan http://buaya.likesyou.org/teks/ untuk masalah itu saya masih belum belajar kang hehehehhe.
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  3. kang mau tanya ?
    mang ada hak akses public dan private yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan, coba saja gan buka browser lalu ketikkan 10.217.224.254/iyung apakah bisa ? tidak kan karena itu ip private dan hanya bisa di akses oleh sejaringan wifi atau lan, kalau ip public itu bisa di akses untuk umum walaupun tidak sejaringan wifi ataupun lan.

      Delete
  4. wah keren nih, jangan lupa komen backnya di ronalsf.blogspot.com

    ReplyDelete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License