Install Xampp di Debian/Ubuntu

Saturday, 15 November 2014


Hii, selamat malam. Selamat datang kembali di blog kecil ini, hari ini saya akan menceritakan petualangan saya bersama Linux. Berawal dari kegiatan di sekolah saya mengikuti jam tambahan di sekolah yaitu pembelajaran komputer, pembelajaran yang di sampaikan oleh guru saya adalah tentang membuat server lokal yang pastinya saya masih belum tahu apa-apa tentang itu lanjut saya coba gali informasi dan alhamdulilah sekarang masih tetap bingung. Okeh di sini saya di kasih pembelajaran tentang web dan kami di suruh untuk mengelola web tersebut yang merupakan web sekolah dari kami dan menggunakan CMS Wordpress seperti biasanya guru kami memberikan penjelasan tentang itu dan untuk pembelajaran minggu ke depan kami akan mempelajari tentang xampp dan membuat server lokal. Yang pertama kami di suruh install xampp di sistem komputer kami dan saat itu guru kami memberi tahu kami bagaimana download xampp tersebut di website resminya dan untungnya saya melihat di tab kolom "Download Xampp for Linux" untunglah dan ketika pulang di rumah saya pun mendowloadnya dan saya mencari artikel tentang cara menginstall xampp for Linux dan saya bertemu pada blog teman saya yang sudah menyediakan tutor tersebut dan sekarang ingin saya jadikan bahan refrensi untuk saya tulis di blog saya.

Okeh ini dia petualanganku install xampp di Linux, untuk kali ini saya memakai os Kali linux based Debian, untuk kalian pengguna Ubuntu,Linux mint atau sekeluarga bersama Debian insyallah tutor ini bisa anda gunakan.

Apa itu Xampp ?

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

Xampp adalah singkatan yang masing masing hurufnya adalah

  1. X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS.
  2. A : Apache, merupakan aplikasi web server.Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
  3. M : MySQL, merupakan aplikasi database server.P erkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.
  4. P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
  5. P : Perl, nama dari salah satu bahasa pemrograman yang ada di dunia ini. Bahasa Perl ini dibuat oleh seorang Ahli Komputer Sekaligus Programmer kewarganegaraan Amerika Serikat, Dia adalah Larry Wall.
Bagian Penting Pada Xampp
  1. htdoc : folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  2. phpMyAdmin : merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin.
  3. Kontrol Panel : yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).
Okeh setidaknya kalian sudah paham saatnya ke inti artikel yaitu Cara Menginstall Xampp di Linux.

1. Okeh silahkan kalian download melalui website resminya Xampp for Linux pilih Xampp for Linux lalu sesuaikan dengan sistem yang anda pakai apakah 32bit atau 64bit.
2. Setelah selesai download, pastikan file Xampp nya tadi terletak di direktori download, lalu coba masuk ke direktori download jika anda belum login sebagai root silahkan login dulu dengan ketik code "sudo su" kalau sudah silahkan ketikkan perintah di bawah ini.
root@iyung : cd Downloads


3. Ubah permition file ke execute : 
root@iyung : ~/Downloads# chmod +x xampp-linux-1.8.2-6-installer.run {di sini saya memakai xampp versi 1.8.2 sesuaikan dengan xampp yang anda gunakan}



4. Eksekusi file tersebut dengan perintah :
root@iyung : ~Downloads# ./xampp-linux-1.8.2-6-installer.run {enter & tunggu installasinya selesai cukup dengan klik next saja}


5. Tunggu prosesnya hingga selesai.



6. Kalau sudah selesai klik finish, lalu coba jalankan xampp nya lewat terminal apakah sudah berhasil atau belum dengan perintah berikut :
root@iyung : ~# /opt/lampp/lampp start {enter & lalu coba buka browser ketikkan localhost kalau berhasil tampilannya akan seperti ini}

Parameter untuk Xampp


  1. start : Start XAMPP (Apache, MySQL and eventually others).
  2. startapache : Start only Apache.
  3. startmysql : Start only MySQL.
  4. startftp : Start only ProFTPD.
  5. stop : Stop XAMPP (Apache, MySQL and eventually others).
  6. stopapache : Stop only Apache.
  7. stopmysql : Stop only MySQL.
  8. stopftp : Stop only ProFTPD.
  9. reload : Reload XAMPP (Apache, MySQL and eventually others).
  10. reloadapache : Reload only Apache.
  11. reloadmysql : Reload only MySQL.
  12. reloadftp : Reload only ProFTPD.
  13. restart : Stop and start XAMPP.
  14. security : Check Xampp security.
  15. enablessl : Enable SSL support for Apache.
  16. backup : Make backup file of your XAMPP config, log and data files.
  17. oci8 : Enable the oci8 extenssion.
  18. panel : Starts graphical XAMPP control panel.

Okeh itu dia petualangan saya bersama linux untuk melihat petualangan saya yang lainnya bersama Linux silahkan anda baca-baca artikel yang ada di blog ini. Saya menulis ini bersama dengan membaca sehingga menambah wawasan dan juga bertambah ilmu saya juga. Sekian artikel dari saya mengenai "Install Xampp di Kali Linux" semoga artikel ini bermanfaat bagi yang kalian yang sudah membaca.

Terima kasih.

Saya menulis artikel ini dengan ide melalui refrensi dari http://code-biawak.blogspot.com/2014/11/install-xampp-on-kali-linux.html dan http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP.





Subscribe your email address now to get the latest articles from us

2 comments:

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License