Mengkoneksikan Modem Smartfren di Kali Linux

Saturday 20 September 2014


Selamat pagi wahai manusia :D
Mending share ilmu yang bermanfaat

Install Modem Smartfren di Linux

Curhat sikit, Saya merupakan pengguna smartfren mulai dari hp dan modem semua menggunakan merk smartfren gan, banyak yang bilang smartfren itu lelet lha dll, tapi menurut pengalaman saya memakai provider smartfren lumayan lha.

Okeh cukup dah basa basinya.
Ketika saya mencoba mencolokkan modem smartfren di os kesayangan saya Linux (Kali linux) saya kira seperti wind*ws tinggal tancep lalu tinggal klik klik klik, tapi kenyataannya berbeda ketika saya memakai Linux. Coba nanya ke group + google akhirnya ketemu juga gan.
Untuk yang masih belum ada wvdialnya mohon install dulu "sudo apt-get install wvdial"

Cara ini untuk modem smartfren terserah deh type nya berapa :D kalau saya ini makek modem smartfren AC81B

Berikut caranya :

  1. Pasang Modem dulu ke laptop agan
  • Lalu ketik "lsusb"


    2.  Lalu deteksi modem dengan ketik


  • wvdialconf


coba liat found a modem on /dev/ttyUSB0 itu letak modem kita.

      3.  Lalu ketik "nano /etc/wvdial.conf" lalu isikan code berikut 

[Dialer smart]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Carier Check = no
Modem = /dev/ttyUSB0
Command Line = ATDT
Phone = #777
Idle Seconds = 0
Password = smart
Modem Type = Analog Modem
Stupid Mode = yes
Baud = 460800
New PPPD = yes
Ask Password = 0
ISDN = 0
Username = smart




  4. Sekarang tinggal koneksikan modem 
  • Dengan ketik di terminal "wvdial smart"





Kalau sama seperti di atas berarti modem sudah bisa di gunakan :D
Sekian artikel dari saya :D
Terima kasih.

NB : Untuk disconnect cukup tekan ctrl+c
Untuk mengkonekkannya kembali cukup ketik di terminal wvdial smart :D

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

5 comments:

  1. Nice post gan, udah bisa di connekin nih..... dari kmaren ane muter2 nyari tips nya... nih baru ketemu.

    ReplyDelete
  2. Tutorialnya cukup sulit juga. Tapi manfaatnya lumayan tuh. Supaya modem bisa terkoneksi dgn linux.

    ReplyDelete
  3. makasih gan tutornya, kebetulan ane punya modem smartfren, ane coba dulu gan. moga2 ane brhasil. makasih 1x lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh gan, kalau gagal coba lagi ya gan ;)
      never give up :v

      Delete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License