Membuat Server File Sharing Sendiri

Thursday 18 December 2014

Bismillahirrahmanirrahim. 

Membuat Server File Sharing Sendiri - Ketika mengupload file ke internet kita memanfaatkan situs tempat penyimpanan file seperti Mediafire, Tusfiles, Solidfiles, Sharebest ataupun yang lainnya. Itu semua gratis namun ada batasnya namanya juga gratis. Saya melihat beberapa teman saya memiliki server file sharingnya sendiri sehingga mereka bisa menggunakannya seperti layaknya mediafire kebayang bukan kalau kita bisa mempunyai tempat penyimpanan file seperti Mediafire ataupun Tusfiles. Kita bisa backup data kita sendiri dan juga kita bisa sharing data tersebut untuk orang lain. Jika anda ingin membuatnya cukup mudah saya daftar di Idhostinger.com dan saya memanfaatkan hosting gratis dari Idhostinger.com dengan Space 2GB, Bandwidth 100GB sudah cukup bagus untuk versi gratis dan ini contoh punya saya mchoyrulanam.esy.es .

Membuat Server File Sharing Gratis

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat server file sharing gratis dengan memanfaatkan layanan gratis dari Idhostinger.com yang bisa anda lakukan di rumah silahkan di baca di bawah ini.

1. Pertama silahkan kunjungi situs Idhostinger.com daftar atau login langsung dengan facebook atau akun google di sini saya langsung login melalui akun google.

Order Hosting Baru
2. Setelah login lihat gambar di atas lalu klik "Order Hosting Baru" akan menuju ke tab baru dan ada pilihan Gratis, Premium dan Bisnis pilih terserah anda kalau saya pilih gratis.

Order Hosting

3. Masukkan nama domain yang akan di buat dan juga password dan juga nantinya akan ada konfirmasi order kita.

Masukkan domain & password
Konfirmasi Order
4.  Jika berhasil silahkan masuk ke hosting klik domain anda.

Hosting yang baru kita buat

Berhasil membuat akun
5. Lihat gambar di atas ada pesan untuk menghapus file default.php dan jangan lupa untuk install File Manager 1 ya tinggal klik dan install, untuk menghapus file default.php cukup lewat file manager 2.

File Manager 2

Menghapus default.php

Cara Mengupload File di Server Kita

Setelah mengikut tahap-tahap di atas sekarang saatnya kita mencoba untuk mengupload file kita ke server yang baru kita buat tadi saya contohkan saya akan mengupload satu file saya.

1. Kalau saya melalui file manager 2.


2. Untuk mengupload file silahkan masuk ke direktori/folder public_html dan ada tab seperti.
  • New Dir berfungsi sebagai membuat direktori/folder baru.
  • New File berfungsi untuk membuat file baru.
  • Upload berfungsi sebagai upload file kita.
  • Java Upload berfungsi untuk ppload direktori dan file dengan menggunakan applet Java.
  • Flash Upload saya belum tahu.
3. Kalau upload file tinggal klik upload lalu pilih file apa yang akan di upload contoh di sini saya akan mengupload file saya dengan nama file tutorial-tuxshirt.pdf lalu klik open setelah sudah klik submit di tanda cawang berwarna hijau.




4.  Coba ketikkan di browser dengan alamat domain anda seperti contoh ini saya "mchoyrulanam.esy.es" okeh gambar di bawah ini adalah folder dan file yang ada di dalam direktori public_html.


5. Selesai sudah akhirnya kita mempunya Mediafire kita sendiri heheheh sederhana bukan? itu masih belum rapi anda bisa merapikan sendiri nanti sesuai dengan selera kalian.

Aku kasih contoh server salah satu teman saya.



Rangkuman

Cukup sederhana dengan membuat server file sendiri kita bisa menggunakannya sebagai tempat backup data kita dan juga bisa di sharing data kita untuk orang lain dan juga kita tidak usah menggunakan situs tempat penyimpanan file karena kita sudah mempunyai sendiri.

Sekian artikel dari saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan ataupun penulisan yang membingungkan pembaca.

Terima kasih.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

7 comments:

  1. Sederhana, tapi sangat bermanfaat.... Ijin nyimak.. :D

    ReplyDelete
  2. kiriman yang bagus dan bermanfaat.... tetap semangat untuk menulis dan berbagi kaka... (y)

    ReplyDelete
  3. Iya kang terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  4. Free File Hosting Upload : No Register ( 10 MB ) & Register ( 300 MB )

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, bikin template nya gimana biar kyk gtu?
      boleh minta tutorialnya gk?

      Delete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License