Mengenal Sosok Linus Torvalds

Thursday 13 November 2014

Hai, selamat malam. Malam ini kota saya sedang turun hujan membuat hawanya serasa dingin, hari ini saya akan menulis artikel tentang sosok seseorang di balik sistem operasi Linux, iya siapa lagi kalau bukan Linus Torvald. Jika kalian pengguna Linux sudah pasti setidaknya kalian mengenal Linus Torvald dan berhubungan dengan tersebut saya akan menulis artikel tentang beliau mari di simak.




Linus Torvald

Linus Benedict Torvalds lahir di Helsinki,Finlandia,28 Desember 1969 adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux yang merupakan kekuatan utama di balik pengembangan kernel Linux yang menjadi kernel yang paling populer untuk sistem operasi. Ia bertindak sebagai koordinator proyek. Dia juga menciptakan sistem kontrol revisi Git serta log diving software Bawah Permukaan.

Linux terinsipirasi oleh Minix (sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada sebuah PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.

Saat ini Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi konduktor Transmeta dan tinggal bersama istri dan 3 anaknya di sebuah bukit di desa di Portland, Oregon, USA, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an programmer. Mereka terus mengembangkan kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 miliar baris kode. Linux beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prioritas dan memasukkan gagasan paling brilian ke dalam kernel. LSD sendiri disokong oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.

Linus bukan orang pertama yang membagi-bagikan source code karena pola ini adalah hal yang biasa pada masa awal tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menetapkan standar yang memaksa banyak pengembang ikut membebaskan kode sumber program mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java hingga Adobe.

Biografi 

Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia. Dia adalah putra dari wartawan Anna dan Nils Torvalds dan cucu dari penyair Ole Torvalds. Kedua orang tuanya adalah radikal kampus di Universitas Helsinki pada tahun 1960. Torvalds dinamai Linus Pauling.

Torvalds kuliah di University of Helsinki antara 1988 dan 1996, lulus dengan gelar master dalam ilmu komputer dari kelompok riset node. Karir akademisnya terputus setelah tahun pertama studi saat mengikuti Finlandia Army, memilih 11 bulan Program pelatihan petugas untuk memenuhi wajib militer Finlandia. Dalam tentara dia berpangkat letnan dua , dengan peran petugas perhitungan balistik. Pada tahun 1990, ia melanjutkan studi di universitas dan terkena UNIX untuk pertama kalinya.

Selanjutnya tadi jalan jalan di Kaskus ternyata saya menemukan post yang berjudul 7 Kata Bijak Dari Linus Torvald. 7 Kata Bijak dari Linus Torvalds :
  1. "Setiap program baik jika berguna."
  2. "Software itu seperti sex. Paling asik kalau gratis."
  3. "Microsoft tidak jahat, mereka hanya membuat sistem operasi benar-benar jelek."
  4. "Jika Microsoft tidak pernah membuat aplikasi untuk Linux itu berarti saya sudah menang."
  5. "Banyak orang bilang ke saya bahwa mereka tidak percaya kalau seekor pinguin yang buncit benar-benar bisa merepresentasikan Linux. Saya berfikir mereka samasekali belum pernah melihat pengiun yang marah yang akan mengejar mereka dengan kecepatan 100mph."
  6. "Jika Anda berkata: saya membuat program yang mengakibatkan Windows crash, orang hanya akan memandangi Anda dengan tatapan kosong dan berkata: Hey, saya ngga butuh seperti itu, saya sudah mendapatkannya, gratis pula!"
  7. "Kebanyakan programmer yang baik melakukan pemrograman bukan karena mereka berharap untuk dibayar atau mendapatkan pujian oleh masyarakat, tapi karena menyenangkan program."

Okeh apakah kalian sudah mengenal Linus Torvald ? Setiap kata-kata Linus hampir menjadi sabda di kalangan Linuxer yang menciptakan standar nilai tertentu. Saya dan semua pengguna Linux mengucapkan terima kasih kepada Linus Torvald. Sekian artikel dari saya mengenai Mengenal Sosok Linus Torvalds semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi blog ini lagi ya.

Terima kasih.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Linus_Torvalds







Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License