Mengenal Desktop Environment di Linux

Tuesday 18 November 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Pembukaan

Haii selamat malam selamat datang kembali di blog saya. Hari ini saya akan menulis artikel yang berjudul "Mengenal Desktop Environment di Linux" mungkin artikel seperti ini sudah banyak di Internet tapi saya ingin menulisnya di blog saya. Jika kalian pengguna Linux pasti kalian akan mencari desktop apa yang cocok dengan anda, kalau saya sih memakai desktop Gnome. Di dalam sistem operasi Linux banyak sekali jenis desktopnya misal unity di Ubuntu, Mate & Cinnamon yang ada di Linux Mint dan yang lain-lain. Tapi kali ini saya akan membahas 4 desktop saja karena desktop ini sudah di support banyak jenis distro Linux. Desktop environment antara lain : Kde, Gnome, Xfce, Lxde.

Pembahasan

1. Desktop

1.1 KDE

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.

Contoh Gambar Desktop KDE : 



Recommended System Requirements KDE :
  • Required Ram : 615 MB
  • Required Cpu : 1Ghz
Diambil dari http://itmanagement.earthweb.com/osrc/article.php/3930006/GNOME-vs-KDE-The-Latest-Round.htm
Edit Desktop KDE : kde-look.org

1.2 Gnome

GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

GNOME adalah bagian dari proyek GNU dan dapat digunakan di kebanyakan sistem operasi Unix-like, kebanyakan Linux dan OpenSolaris desktop.

Contoh Gambar Desktop Gnome : 


(Gnome Classic)


(Gnome Shell)

Recomended System Requirements Gnome :
  • Required Ram : 768 MB
  • Required Cpu : 400 MHz
Di ambil dari http://fedoraproject.org/en/get-fedora
Edit Desktop Gnome : gnome-look.org


1.3 Xfce

Xfce adalah sebuah desktop yang kencang dan ringan untuk sistem operasi Linux. Dirancang untuk produktifitas dan sangat mudah dikonfigurasi dengan tetap mengikuti spesifikasi Freedesktop. Tidak seperti desktop-desktop lain yang lebih berat seperti GNOME dan KDE, Xfce menggunakan daya sistem yang lebih sedikit. Sebagai tambahan, Xfce menyediakan modularitas yang bagus dan dependensi yang lebih sedikit; tidak memakan banyak ruang harddisk dan waktu yang panjang untuk menginstalnya. Xfce dapat diinstal pada beberapa platform UNIX. Diketahui untuk mengkompilasi pada Linux, NetBSD, FreeBSD, OpenBSD, Solaris, MacOS X dan Cygwin, pada x86, PPC, Sparc, Alpha (dikutip dengan sedikit penyesuain dari nama Xfce) awalnya berdiri untuk XForms Common Environment, tapi sejak Xfce ditulis ulang selama dua kali, maka Xfce tidak lagi menggunakan toolkit XForms. Adapun namanya tetap, tapi F dijadikan huruf kecil (bukan “XFce”, tetapi “Xfce”). 

Saat ini, akronim ini tidak berarti apa-apa (saran: X Freakin ‘Best Environment).  XFCE merupakan lingkungan desktop yang juga dikembangkan dengan pustaka GTK, pustaka yang sama digunakan untuk mengembangkan GNOME, XFECE di klaim lebih ringan dari GNOME dan XFCE, Xubuntu merupakan versi ubuntu yang menggunakan XFEC sebagai default lingkungan desktopnya.

Contoh Gambar Desktop Xfce :


Recommended System Requirements Xfce :
  • Required Ram : 192 MB
  • Required Cpu : 300 MHz
Diambil dari http://wiki.xfce.org/minimum_requirements
Edit Desktop Xfce : xfce-look.org

1.4 Lxde


LXDE, Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. Kami tidak mengintegrasikan setiap komponen LXDE sepenuhnya. Sebaliknya, kami mencoba membuat agar semua komponen bebas, sehingga setiap komponen daapt digunakan secara bebas dengan sedikit ketergantungan. Hal ini membuat porting LXDE ke distribusi Linux dan sistem Unix yang berbeda lebih mudah.

Contoh Gambar Desktop Lxde :


Recommended System Requirements Lxde :
  • Required Ram : 128 MB
  • Required Cpu : 266 MHz
Diambil dari http://lxde.sourceforge.net/about.html

Penutup

Setidaknya kalian sudah tahu dan mengerti jenis desktop yang ada dalam Linux, dalam pemilihan desktop Linux yang akan anda gunakan sebaiknya cocokkan dengan kebutuhan anda dan juga hardware yang anda miliki. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan minta maaf bila ada penulisan kata yang salah.

Terima kasih.

Sumber
Gambar : http://id.m.wikipedia.org/ & https://restava.files.wordpress.com/2014/09/screenshot-from-2014-09-20-104351.jpg
Info : http://id.m.wikipedia.org/












Subscribe your email address now to get the latest articles from us

4 comments:

  1. Itu angka 600 dan 700 MB untuk KDE dan GNOME, apakah nyata? Sudahkah dites di komputer akang sendiri? KDE saya pas idle tidak sampai 600 MB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Gnome sudah saya coba waktu Idle cuman memakan ram 126MB dari 2GB ram, itu mungkin hanya gambaran kalau system requirementnya itu sudah ada sumbernya saya mengambil itu darimana.
      Mungkin kalau KDE saya belum nyoba, Xfce,Lxde,Kde saya masih belum pernah mencoba soalnya sudah suka ama Gnome kang heheheh.
      Terima kasih ya.

      Delete
    2. Itu bukan waktu idle tapi system requiremnt hardware yang bisa menjalankan desktop tersebut kang.

      Delete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License