Chatting Menggunakan IRC di Debian/Ubuntu

Tuesday 25 November 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualikum, saya akan menulis tentang Chatting Menggunakan IRC mari di simak.

Pembahasan

Internet Relay Char (IRC) adalah sebuah protocol untuk mengirim pesan text secara real time (chat) atau conference. IRC juga di desain untuk diskusi group yang disebut channel namun juga di desain untuk komunikasi one-to-one via private message dan juga bisa digunakan untuk transfer file. Pada linux, terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk terkoneksi pada server IRC. Yang saya gunakan adalah Xchat. Aplikasi lain yang sejenis terdapat quassel.

Install XChat di Linux

Di sini saya memakai distro Kali linux based on Debian Wheezy. XChat sudah terdapat pada repository jadi kita langsung install saja, jangan lupa login sebagai user terlebih dahulu lalu ketikkan perintah berikut :

apt-get install xchat
Proses Instalasi XChat

Cara Menggunakan XChat

Aplikasi XChat terletak pada Applications > Internet > XChat. Bukalah aplikasi XChat pada tahap ini anda akan di suruh mengisi username anda  dan juga server yang anda ingin gabung.

Tampilan awal Xchat

Pada server, scroll kebawah hingga anda menemukan freenode dan pilihlah. Untuk username, anda bebas menggunakan nama sesuka hati. Anda tidak perlu membuat akun dan password untuk bergabung dengan server.

Setelah mengklik Connect maka anda akan masuk dan anda di suruh untuk masuk ke channel apa di sini saya ingin masuk ke chanel Ubuntu Indonesia, ada 2 chanel Ubuntu Indonesia yang besar yang pertama #ubuntu-id dan kedua #ubuntu-indonesia

Masuk ke Chanel Ubuntu-Indonesia

Tampilan dari Chanel Ubuntu-Indonesia


Selamat datang di chanel ubuntu-indonesia itu dia tampilan dari karena masih pagi masih sepi ya, pada umumnya berkomunikasi lewat IRC sudah banyak di tinggalkan kebanyakan sudah memakai sosial media untuk sarana berkomunikasi.

Mengenal Lebih Jauh tentang IRC

1. Channel

Nama-nama channel biasanya dimulai dengan tanda #, contohnya #ubuntu-indonesia. Anda tidak perlu berada di satu server yang sama dengan kawan Anda untuk bergabung dengan suatu channel. Ada juga channel yang dimulai dengan tanda &. Channel- channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja. Jadi Anda harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel itu.

Channel-channel dalam IRC dikelola oleh “channel operator”, atau “ops” untuk singkatnya. Ops adalah orang-orang yang dapat “memilih” siapa saja yang bisa join channel tersebut (dengan mem-“ban” beberapa pemain), siapa saja yang harus pergi (“leave”, dengan menggunakan “kick”) dan bahkan siapa saja yang punya hak untuk berbicara (dengan membuat channel tersebut “moderated”). Channel operator adalah orang-orang yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat. Jika ada di-“ban” dari suatu channel, bicaralah dengan channel operator, dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk bergabung dengan channel tersebut (dengan meng-“unban”).

2. User

Tampilan dialog chat
Disebelah kanan user terdapat bundaran berwarna hijau, kuning dan tidak memiliki bundaran.

Untuk yang berwarna hijau adalah operator atau admin pada kanal tersebut yang mampu melakukan segala sesuatu pada kanal seperti kick, ban, mengganti topik, mute kanal (membuat semua orang tidak bisa mengirim pesan) dan lainnya.

Untuk yang berwarna kuning adalah user +v (voice). User tersebut dapat mengirim pesan ketika operator melakukan mute pada kanal. Untuk yang tidak memiliki bundaran adalah user biasa.

Command yang Tersedia

Untuk melihat command di XChat cukup ketikkan /help maka akan muncul command yang tersedia atau bisa mengunjungi ini http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_Relay_Chat_commands

Command yang tersedia di XChat

Penutup

Akhirnya sampai juga di akhir tulisan ini, dalam menulis ini saya juga mencari referensi di internet dan dengan menulis artikel ini saya juga mendapatlan pengetahuan saya bertambah lagi oleh karena itu kita belajar secara bersama-sama di sini. Sekian artikel dari saya tentang Chatting Menggunakan IRC semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Referensi : https://pioncatur.wordpress.com/2014/04/12/serunya-chatting-menggunakan-irc/comment-page-1/





Subscribe your email address now to get the latest articles from us

5 comments:

  1. wah keren nih, jangan lupa komen backnya di ronalsf.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Keren blognya, ditunggu artikel linux selanjutnya gan (y)
    http://wonderneko.wordpress.com/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih akang telah memperkenalkan #ubuntu-indonesia. Bagus sekali diberi paragraf perkenalan IRC. Saya sudah masukkan ke KNotes saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak kang :D
      Maaf hanya ini yang bisa saya lakukan.

      Delete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License