Bagaimana Software Instalasi dan Paket Manager Bekerja Pada Linux

Monday 10 November 2014

Hai, selamat pagi. Hari ini saya akan menulis artikel tentang Bagaimana Software Instalasi dan Paket Manager Bekerja Pada Linux di samping itu juga hari ini merupakan hari pahlawan.

Menginstal perangkat lunak pada Linux melibatkan manajer paket dan repositori perangkat lunak, tidak men-download dan menjalankan file .exe dari situs-situs seperti pada Windows. Jika Anda baru menggunakan Linux , ini bisa tampak seperti pergeseran budaya.

Bagaimana cara kerja paket instalasi di Linux ?

Software Repository

Pengguna Linux biasanya tidak men-download dan menginstal aplikasi dari situs aplikasi, seperti pengguna Windows dilakukan. Sebaliknya, setiap distribusi Linux host repositori perangkat lunak mereka sendiri . Repositori ini berisi paket perangkat lunak khusus disusun untuk setiap distribusi Linux dan versi. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Ubuntu, repositori yang Anda gunakan mengandung paket khusus disusun untuk Ubuntu. Seorang pengguna Debian menggunakan penuh repositori paket khusus disusun untuk versi mereka Debian.






Paket Manager

Pikirkan manajer paket seperti toko aplikasi mobil atau play store di android. Memberitahu manajer paket untuk menginstal perangkat lunak dan akan secara otomatis men-download paket yang sesuai dari repositori perangkat lunak dikonfigurasi , install, dan mengaturnya. Ketika pembaruan tersebut dirilis, Anda dapat pemberitahuan paket dan mendownload update yang sesuai. Manajer paket menangani update untuk semua perangkat lunak yang diinstal dengan asumsi mereka diinstal dari repositori perangkat lunak .






Instalasi Aplikasi Pada Linux

Untuk menginstall suatu aplikasi pada Linux anda dapat membuka paket manager anda setiap distro Linux sudah menyediakannya anda bisa menginstall aplikasi untuk distro Debian dan juga distro Linux yang merupakan turunan debian anda bisa memakai semisal Ubuntu Software Center, Update Manager atau juga Synaptic Package Manager, anda juga bisa menginstall suatu aplikasi lewat terminal dengan perintah "apt-get install namaaplikasi (untuk distro keluarga debian) dan dpkg untuk men-download dan menginstal paket DEB. Kalian bisa memilih cara-cara tersebut sesuka kalian.

Setidaknya kalian sudah tau beberapa macam cara untuk menginstall suatu aplikasi pada Linux, teruslah belajar. Sekian artikel dari saya mengenai Bagaimana Software Instalasi dan Paket Manager Bekerja Pada Linux, semoga bermanfaat.
Terima kasih.










Subscribe your email address now to get the latest articles from us

2 comments:

  1. Semakin Anda sadar betapa pentingnya sistem manajemen paket di Linux, Anda akan sangat mudah menggunakan Linux. Lalu tulisan seperti ini akan turut memudahkan hidup orang. Mengenai tulisan ini, saya menyarankan untuk selalu memberi penekanan pada perintah atau kode sumber. Misal, setiap perintah diberi font berbeda. Cari aja Syntax Highlighter yang bagus untuk blogspot. Hal itu akan meningkatkan keterbacaan tulisan akang.

    Sekiranya itu dulu. Masalah tata bahasa, mungkin nanti saja. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh gan, terima kasih atas masukannya semoga kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi :D

      Delete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License