Pengalaman Saya Menggunakan Linux

Thursday 23 October 2014


Pengalaman Saya Menggunakan Linux

Halo selamat malam, apa kabar ?
Hari ini saya akan membuat artikel tentang pengalaman saya memakai Linux.
Semoga kalian betah membacanya karena ini merupakan langsung dari pengalaman pribadi saya.

Tepatnya 1 tahun yang lalu saat saya menduduki bangku SMA kelas 1 saat itu saya mulai mengenal sistem operasi Linux, saat itu saya berfikir saya ingin menggunakan Linux namun banyak sekali yang bilang Linux itu susah dan sebagainya.

Akhirnya tepat pada bulan April 2014 saat itu saya mulai mencari informasi tentang Linux di internet, pada akhirnya saya mendapatkan refrensi dari internet linux yang bagus dan cocok untuk pemula adalah "Linux Mint" saya memulai mencari informasi tentang Linux Mint memang tampilannya sudah seperti Windows, saya mencoba untuk menginstall Linux Mint di laptop saya, saat itu saya memakai Linux Mint dengan code 16 dengan Desktop Mate dan yang pastinya itu gratis gak pakek bajakan dll.

Saat saya sudah memakai Linux Mint, mungkin hanya bertahan 3 hari lalu saya ganti dengan disro lain, kenapa ganti ? karena saya tertarik menggunakan Ubuntu. Ya seperti Linux Mint, Ubuntu merupakan satu keluarga dengan Linux Mint karena Linux Mint merupakan turunan dari Ubuntu langsung, seperti biasanya saya mencoba sistem operasi Ubuntu code 12.04 LTS ya apa yang terjadi memang dengan desktop unitynya saya merasakan sedikit agak lambat di laptop saya akhirnya saya memutuskan ganti dan tanpa sengaja saya menemukan group di facebook "BlankOn Linux" saya kaget karena sistem Operasi BlankOn Linux merupakan buatan asal negara sendiri "INDONESIA" bangga sekali mendengar itu saat itu saya sudah mulai menggunakan BlankOn Linux dengan versi 8.0 yang di beri nama Rote dengan desktop manokwarinya saya merasakan tidak ada kata lambat untuk menjalakannya di laptop saya mengingat sistem minimal untuk install BlankOn Linux cuman membutuhkan ram sebesar 256mb itu sudah sangat ringan sekali bagi saya.

Belajar & belajar tentang dasar dasar terminal, mulai dari install aplikasi + error yang saya temui perlahan saya mulai bersahabat dengan semua itu, serasa semangat sekali untuk lebih belajar Linux pada bulan Juni 2014 saya tergoda dengan sistem operasi "Kali Linux" ya os ini di khususkan untuk penestrasi testing dan merupakan lanjutan dari Backtrack. Saat itu saya masih menggunakan BlankOn Linux saya coba tanya tanya apakah tool tool yang ada di kali linux bisa di install di BlankOn Linux, ada yang bilang "ya" maka saya langsung mencoba mencari di Interntet, ternyata bisa tinggal edit repositorinya denga di tambahkan repoitorinya Kali Linux, saya mencoba itu dengan menghapus semua repositori BlankOn saya dengan mengganti menjadi Repo Kali Linux, saya melakukan apt-get update & di susul dengan apt-get upgrade langsung saya reboot dan hasilnya apa ? itu malah merusak Linux BlankOn saya dan akhirnya saya tidak bisa memperbaikinya, tidak hanya itu niatnya mencoba menghapus Linux BlankOnnya dan sukses saya mencoba menginstallnya kembali pertama saya dengan Live cd lalu saya buat partisi di sana dengan BlankOn Linux tanpa saya sadari saya telah mem-fomat seluruh hardisk saya ya semua data hilang + sistem operasi windows juga ikut ke format.

Saat itu mungkin perasaan jengkel, saya menginstall os windows gan (bajakan) -_- lalu saya tidak terpikirkan menggunakan Linux lagi namun berselang 1 minggu, pada saat itu tepat pertengahan Juni 2014 sekolah sudah memasuki liburan semester saya ingin menggunakan Kali Linux dan akhirnya saya download isonya Kali Linux versi 1.0,7. Apa yang membuat saya memakai Kali Linux ? sebenarnya saya ingin memakai Debian namun karena terbatasnya koneksi Internet dengan mengingat size iso debian yang mencapai 4GB saya putuskan untuk menggunakan Kali Linux, pertama kali memang sudah di peringatkan bahwa Kali Linux buat user yang sudah terbiasa dengan Linux, oke lanjut tahap penginstalannya saya mengalami gagal sebanyak 4x untuk menginstall sistem operasi ini, memang di butuhkan kesabaran.

Sampai saat ini dari Juni 2014 sampai bulan Oktober 2014 saya masih memakai os kali linux, alhamdulilah saya merasakan hal yang luar biasa bersama os ini banyak sekali yang saya pelajari di sini, saya tidak pernah kecewa belajar linux.

Apakah Anda ingin menggunakan Linux ?

Kalau ini sih terserah dari kalian ya, menurutku apa salahnya untuk keluar dari jendela dan mencoba belajar si pinguin hebat ini.

Sekian artikel dari saya maaf bila penulisan kata kurang baik.
Terima kasih.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

No comments:

Post a Comment

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License