Apakah Linux Kebal dari Virus ?

Saturday 25 October 2014

Selamat Malam para sobat Linuxer :D
Hari ini hari Sabtu, ya seperti biasa hidup di dalam rumah bersama keluarga memang merupakan hal yang paling menyenangkan. Okeh hari ini saya akan membuat Artikel tentang apakah Linux kebal terhadap virus ?
Mari di simak.

Apakah Linux Kebal dari Serangan Virus ?

Untuk masalah yang satu ini memang merepotkan, iya lha virus itu sangat menyebalkan bener kan ? karna virus bisa merusak sistem kita + data data berharga kita dll, okeh udah pernah dengar tentang Linux atau sudah pernah nyoba pakek Linux ?

Apakah Saya Memakai Antivirus di Linux ?

Jujur sejak pertama kali saya memakai sistem operasi Linux saya tidak memakai antivirus, karena saya percaya bahwa masih belum banyak virus khusus untuk Linux, berbeda dengan sistem operasi Windows banyak sekali jenis virus yang dapat menyerang sistem operasi Windows, tetapi tenang virus antara Windows dengan Linux berbeda. Pada dasarnya virus yang di buat utuk menginfeksi sistem operasi Windows tidak bisa berjalan ketika berada di sistem operasi Linux.

Jadi intinya Linux bebas dari virus ?

Sistem keamanan linux lebih ketat dan aman, okeh saya pernah bertanya kepada seorang teman di jejaring media sosial facebook, saya bertanya apakah Linux itu kebal dari virus ? dia menjawab kemungkinan iya dan juga bisa tidak.

Untuk alasan iya kenapa ? karena sistem operasi Linux di ciptakan dari komunitas jadi setiap ada bug di linux akan selalu di update dan di perbaiki itulah kenapa alasan linux cukup solid di tambah mungkin sang pembuat virus masih perlu berfikir bahwa pengguna Linux masih jauh sedikit ketimbang dengan user Windows oleh karena itu mungkin kebanyakan mereka membuat virus untuk sistem operasi Windows.

Untuk alasan tidak kenapa ? iya dia juga bilang bahwa Linux juga bisa terinfeksi virus di sebabkan oleh "user error" apa maksudnya ? iya sistem operasi Linuxnya sendiri terinfeksi oleh virus di sebabkan oleh keteledoran dia sendiri, contoh : seperti install aplikasi dengan file bertype .deb sudah pasti kan download dulu baru di install, kebanyakan mereka melakukan kesalahan saat download file tersebut tidak langsung dari Website nya/vendor sang pembuat file tersebut, mereka malahan mendownload file tersebut lewat blog/web yang tidak jelas, bisa saja sang pengupload file tersebut telah mensusupi file yang di download tersebut dengan virus, jadi ketika sang user pengguna Linux ini berniat untuk install file tersebut kemungkinan besar sistem operasinya terinfeksi oleh virus.

Jadi intinya anda harus selalu waspada dan berhati hati dengan yang namanya virus.

Okeh sekian dari artikel yang saya tulis, maaf bila ada pemahaman + penulisan yang salah dari saya.
Terima kasih sudah membaca.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

3 comments:

  1. ouhh jadi linux bagus juga ya selain itu linux banyak di gunakan oleh para hacker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, buat anak yang pingin belajar gan :D
      Dan buat anak yang tidak suka ama hal hal bajakan hehehe

      Delete
  2. betul banget gan, memank linux kebal dari virus tidak seperti windows. terima kasih gan atas info nya

    ReplyDelete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License