Cara Install Inkscape di Debian/Ubuntu

Wednesday 3 December 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Cara Install Inkscape di Debian/Ubuntu? - Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.


Prioritas utama proyek Inkscape adalah antarmuka konsistensi dan kegunaannya. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan kenyamannan di kanvas editing. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.


Apa Mudah Menggunakan Inkscape ?

Jika sebelumnya anda pernah belajar Corel Draw sudah pasti anda akan bisa menggunakan Inkscape. Kenapa? iya fitur yang terdapat Inkscape tidak selengkap dengan fitur yang tersedia di Corel Draw dan kebanyakan yang memakai Corel Draw tentunya adalah user yang sudah profesional sedangkan Inkscape masih bayi dan belum di gunakan oleh para profesional dengan tampilannya yang sederhana pasti kita akan terbiasa dan betah menggunakannya.


Install Inkscape di Debian/Ubuntu

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstall Inkscape di Debian/Ubuntu. Cukup sederhana ada 2 cara melakukan instalasi Inkscape pada Linux anda. Berikut ini cara cara yang bisa kalian lakukan.

1. Install Inkscape lewat Synaptic Package


Jika anda ingin install Inkscape cukup membuka Synaptic Package lalu dalam pencarian ketikkan "Inkscape" maka akan muncul tampilannya. Lalu centanglah pada bagian inkscape lalu mark install.


Synaptic Package
2. Lewat Terminal

Anda juga bisa menginstall Inkscape lewat terminal. Masuk sebagai root dulu untuk proses installnya setelah masuk sebagai root silahkan ketikkan perintah berikut.
apt-get install inkscape

Proses Instalasi Inkscape lewat terminal.

Berikut ini tampilan dari Inkscape


Tampilan Inkscape
Untuk cara penggunaannya silahkaan anda bisa mencari ebook pdf tentang panduan Inkscape di internet. Sekian artikel singkat saya ini mengenai Install Inkscape di Linux semoga bermanfaat dan terima kasih.





Subscribe your email address now to get the latest articles from us

3 comments:

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License