Alldeb Untuk Pengguna Offline

Saturday 20 December 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Alldeb Untuk Pengguna Offline - Linux dan Internet memang tidak bisa di pisahkan ya tanpa internet kita tidak bisa apa-apa di Linux kok bisa? setiap kali ingin menginstall aplikasi di Linux sudah pasti kita memerlukan koneksi Internet iya untuk mengunduh dependensinya dan alhamdulillah saya tinggal di kota jadi saya tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan koneksi Internet untuk memperbarui Linux saya, tetapi bagaimana dengan orang yang hidup di desa atau hidup dalam keterbatasan Internet pasti ini sudah menjadi masalah.




Berbeda dengan Windows kita bisa menginstall secara offline tetapi sebelumnya kita harus download dulu seperti aplikasi.exe ya jika anda hidup dalam keterbatasan Internet anda bisa mendownloadnya dengan menggunakan jasa warnet lalu di simpan di flash disk lalu di install di rumah, tetapi bagaimana dengan Linux? iya bisa dengan mendownload namaaplikasi.deb tetapi tidak semua aplikasi mempunyainya. 

Munculah Alldeb sebagai alternatif baru bagi pengguna Linux yang mengalami keterbatasan Internet dan ini akan bermanfaat sekali dalam memperbarui sistem Linux dan juga untuk yang lain-lain.

Pengenalan

Alldeb adalah program shell script sederhana buatan Nifa Dwi Kurniawan dari Forum Ubuntu Indonesia untuk membantu instalasi aplikasi Debian/Ubuntu tanpa koneksi internet langsung. Konsep alldeb sama dengan exe di Windows atau dmg di Mac OS X. Konsep itu adalah single offline installer. Pengguna cukup mengunduh 1 file untuk 1 aplikasi. Tidak dibutuhkan koneksi internet langsung dari komputer pengguna untuk menginstal aplikasi. Dan instaler aplikasi bisa disimpan untuk diinstal kembali kapan saja. Baik di komputer sendiri dan komputer orang lain.

Manfaat Alldeb

Tentunya alldeb di khususkan untuk pengguna yang mempunyai keterbatasan dalam Internet dan juga bagi pengguna offline namun kita yang merupakan user online juga bisa memanfaatkan alldeb ini kenapa? 

  1. Lebih mudah untuk menginstall aplikasi.
  2. Tidak perlu memikirkan dependensi-dependensinya ketika ingin menginstall aplikasi cukup dengan mendownload aplikasi.alldeb ini sudah lengkap dengan dependensinya jadi sudah satu paket.
  3. Bisa di gunakan kapan saja, sama halnya dengan .exe di Windows ketika kita download aplikasi.alldeb lalu menginstallnya di komputer, kita masih bisa menggunakannya kapan saja jadi kita tidak usah terhubung dengan internet untuk menginstall aplikasi tersebut kembali dengan ini bisa menghemat bandwith internet.
  4. Bisa di bagikan ke teman anda sesama pengguna Linux Debian/Ubuntu.

Penutup

Dengan adanya alldeb semoga bisa mempermudah kita untuk belajar Linux dan juga bisa membuat Linux semakin banyak diminati. Ya untuk informasi lanjut mengenai alldeb ini sudah ada webnya yang membahas khusus alldeb bengkelubuntu.org. Sekian artikel sederhana ini semoga bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung di blog iyungtux.

Terima kasih.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

4 comments:

  1. Semoga alldeb diketahui semua orang dari Sabang sampai Merauke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin kang dan juga semoga Linux semakin banyak di minati :D

      Delete
  2. alldeb ane baru tau nee
    thanks gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh jadi belum tahu ya kang, maaf jelasinnya kurang lengkap nih :D

      Delete

Assalammualikum, berkomentarlah yang sopan dan baik. Jadilah seorang blogger yang dewasa dan berperilaku sopan. JIka artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan ya.
Hormat saya.
Terima kasih.

 
Copyright © 2015. w.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License